MEMBANGUN DESA UNTUK KESEJAHTERAAN

Oleh : Hengki Syahyunan Hasibuan (Ketua BEM STIH Labuhanbatu 2017-2018)

Globalisasi serta percepatan pembangunan Nasional merupakan tantangan yang harus dihadapi Negara Indonesia, hal ini berimplikasi terhadap kehidupan sosial kemasyarakatan, seperti terjadinya Peningkatan Angka Kemiskinan serta banyaknya jumlah pengangguran meningkat setiap tahunnya. Negara harus siap untuk mencerdaskan bangsanya dengan memanfaatkan sumber daya yang ada dan melibatkan Pemerintah Daerah untuk melakukan percepatan pembangunan Sumber daya manusia tersebut.

Pemerintah daerah harus menjadi motor utama penggerak percepatan ini, agar dapat mengakomodir Banyaknya jumlah masyarakat yang tertinggal dalam pengetahuan dan keahlian. Agar pemerintah daerah dapat memaksimalkan hal tersebut maka perlu didorong melalui kebijakan pemerintahan desa. Desa harus berperan aktif melakukan aktifitas-aktifitas penyadaran masyarakat dengan cara kreatif dan mudah diterima masyarakat desa itu sendiri.

Pembangunan Sumber daya manusia masyarakat desa memegang peranan yang penting karena merupakan bagian yang tidak terpisahkan dan pada hakikatnya bersinergi terhadap pembangunan
daerah dan nasional. Hal tersebut terlihat melalui banyaknya program pembangunan yang di rancang pemerintah untuk pembangunan desa.

Hampir seluruh instansi terutama pemerintah daerah mengakomodir pembangunan desa dalam program kerjanya. Tentunya berlandaskan pemahaman bahwa desa sebagai kesatuan geografis terdepan yang merupakan tempat sebagian besar penduduk bermukim. Dalam struktur pemerintahan, desa menempati posisi terbawah, akan tetapi justru terdepan dan langsung berada di tengah masyarakat. Karenanya dapat di pastikan apapun bentuk setiap program pembangunan dari pemerintah akan selalu bermuara ke desa.

Pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu program pemerintah desa dalam memanfaatkan semua sumber daya yang ada agar dapat berkembang serta dapat membantu proses kemajuan desa. Sasaran dalam program pemberdayaan masyarakat ini mencakup semua bidang, mulai dari pemerintahan, kelembagaan, kesehatan, ekonomi masyarakat, teknologi, dan pendidikan.

Namun hal ini bisa diwujudkan apabila masyarakat secara umum memiliki kompetensinya masing-masing. Kompetensi keahlian masyarakat akan menjadi tolak ukur keberhasilan pemberdayaan masyarakat desa. Sehingga dengan itu perlu diadakan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia Masyarakat yang dapat dilakukan pemerintah desa dengan metode pelatihan secara fokus pada satu bidang keahlian tertentu. Pola pelaksanaan pelatihan tersebut dilakukan secara rutin, hingga setiap masyarakat baik dari kalangan pemuda maupun masyarakat biasa mampu menguasai suatu keahlian tersebut.

Keahlian yang dimaksud ialah
1. Elektronic maintenance
2. Car and motorcycle maintenance
3. Language course ( English and Arab )
4. Computer course ( microsoft office, desain grapich, programer and Aplication ).

Dan banyak lagi yg dibutuhkan dimasa depan. Semoga cita-cita ini dapat diwujudkan atas kerjasama yang baik antara pemerintah dengan Komunitas Intelektul ( civitas akademika ).

Author: admin

Media Jaringan Aktivis dan Antar Kampus di Labuhanbatu. Menyuguhkan berita, pemikiran dan peristiwa yang terjadidi kabupaten Labuhanbatu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *